Langsung ke konten utama

Lima Syarat Untuk Mewujudkan Impian Memiliki Rumah

syarat mewujudkan impian memiliki rumah

Mewujudkan Impian Memiliki Rumah

Rumah adalah kebutuhan utama dan memiliki rumah adalah idaman setiap orang meski tidak setiap orang bisa mewujudkannya terutama bagi mereka yang berpenghasilan pas-pasan, memiliki rumah mungkin dianggap hanya impian. Bagi yang mencanangkan untuk segera memiliki rumah pada tahun 2016 ini, berikut adalah lima syarat memiliki rumah yang kami sarikan dari situs Rumah.Com agar tahun 2016 ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk mewujudkan impian dan membuat resolusi agar memiliki rumah.

Kaukabus Syarqiyah, Financial Planner Kaukabus Financial Literacy Center, mengatakan "Rumah merupakan aset individu nomor satu yang paling menentramkan", Jumat (1/1/2016). Wanita yang biasa dipanggil Kikau ini juga menyebutkan sangat mungkin bahkan menjadi keharusan bagi setiap orang untuk membuat resolusi memiliki rumah.

Beliau menjelaskan biasanya kondisi usia muda masih memiliki rentang waktu dua tahun pasca kelulusan untuk bisa menyisihkan gaji pertama mereka bagi kebutuhan travelling, kuliner, gadget, laptop, fashion, perawatan kulit serta banyak hal lain yang berkaitan dengan gaya hidup.

"Hal ini biasanya dialami oleh kaum muda usia 22 hingga 24 tahun. Namun apabila sudah memasuki usia 26 atau 27 tahun, mereka sudah harus memikirkan untuk memiliki rumah" jelas Kikau "Dan itu bukan perkara mudah dengan populasi yang terus meningkat sementara lahan perumahan tidak bertambah"

"Resolusi untuk memiliki rumah tidak terbatas oleh profesi, usia, status, dan jenis kelamin. Wanita yang masih lajang misalnya, sebaiknya jangan berpikir bahwa hanya laki-laki yang harus membelikan rumah nanti".

Persepsi yang salah dari sebagian kaum muda adalah, mereka bersenang-senang pada masa lajang, menghabiskan waktu dan uang gaji dan berpendapat bahwa memiliki rumah baru akan dipikirkan kelak setelah menikah, padahal kebutuhan hidup setelah menikah justru lebih tinggi dibanding saat masih lajang

Kikau mengatakan memiliki rumah bisa menjadi aset untuk masa depan, dan harga rumah akan selalu naik setiap tahun sehingga diperlukan lima syarat penting untuk mencapai resolusi memiliki rumah secara cermat.

Syarat Pertama : Tujuan Memiliki Rumah

Menurut Kikau, hal pertama yang harus dipikirkan untuk membeli rumah adalah keinginan diri kita sendiri dalam membeli rumah. Ingin memiliki rumah ideal atau rumah sederhana.

Jika saat ini memiliki pendapatan Rp. 4 juta per-bulan dapat dipastikan masih belum bisa memperoleh rumah yang ideal apabila dilihat harga pasaran rumah saat ini. Akan tetapi hal itu bisa dibantu dengan menjawab pertanyaan dari tujuan membeli rumah.

"Ingin memiliki rumah yang dekat tempat kerja atau untuk dihuni ? Pertanyaan ini tentu saja akan menentukan dalam memilih lokasi dan berpengaruh terhadap anggaran kita," ungkap Kikau.

Dengan memilih lokasi yang realistis sesuai kemampuan, barulah kita masuk kepada syarat berikutnya.

Syarat Kedua : Bagaimana Memenuhi Down Payment (DP)

"Seperti kita tahu ketentuan untuk DP minimal kredit rumah adalah sebesar 30 persen dari harga rumah itu sendiri. Dengan pendapatan Rp 4 juta per bulan, kemudian kita sisihkan 30 persen atau sekitar Rp. 1.5  juta per bulan untuk memenuhi DP minimal masih harus berhati-hati karena harga rumah akan naik sedangkan kita membutuhkan rentang waktu beberapa tahun untuk bisa membayar DP minimal. Sehingga kita harus lebih berhemat"

Berhemat dapat dilakukan dengan cara mengurangi pengeluaran konsumtif atau bisa juga dengan cara menambah pendapatan dari bekerja paruh waktu. Kedua cara itu tentu memiliki konsekuensi tersendiri yang harus dilewati.

Selain mempersiapkan DP, kita dituntut untuk konsisten dalam mempersiapkan cicilan. "Besarnya cicilan per-bulan yang harus dibayar ditentukan oleh harga DP yang dibayarkan. Oleh sebab itu jika kita mampu, sebaiknya mengumpulkan uang untuk membayar DP lebih tinggi agar cicilan terasa ringan" tambah Kikau

Apabila masih memiliki hutang dengan pihak ketiga, sebaiknya diselesaikan lebih dahulu hingga lunas. Namun apabila masih memiliki utang yang tidak berbunga, seperti meminjam kepada  orang tua hal itu masih bisa dipertimbangkan dan dijangkau. "Yang pasti jangan memaksakan diri membayar DP dari uang hasil pinjaman yang harus diangsur dan dikenakan bunga karena akan memberatkan kita membayar cicilan rumah dan cicilan pinjaman"

Syarat ketiga : Mulai Belajar Tentang Ketentuan KPR Perbankan.

Saat ini banyak KPR dari berbagai bank yang menawarkan berbagai keuntungan. Kikau menjelaskan, memilih KPR sebenarnya ditentukan oleh value individu itu sendiri.

"Sekarang ini ada beragam KPR baik dari bank konvensional ataupun syariah. KPR konvensional biasanya memberikan pembayaran murah di awal dan KPR Bank syariah cenderung lebih mahal pada pembayaran pertama, akan tetapi cicilan KPR Bank Syariah bersifat tetap tidak dipengaruhi fluktuasi suku bunga" jelas Kikau.

KPR Bank konvensional relevan bila kondisi keuangan masih labil. "Misalnya bagi pasangan baru yang mungkin saja setelah 2 tahun kehidupan baru akan mengalami perkembangan ekonomi. Hanya saja, perlu disiasati pengaturan keuangan untuk cicilan, karena cicilan sewaktu-waktu bisa berubah. Apabila penghasilan dinilai aman dan tetap, menggunakan KPR Bank Syariah lebih diutamakan karena angsuran tidak akan berubah hingga selesai pelunasan" tambah Kikau.

Syarat keempat :  Belajar Memilih Pengembang Perumahan Yang Baik 

Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan internet atau rekomendasi dari orang yang anda percaya.

Syarat kelima : Hindari Gaya Hidup Konsumtif Melebihi Kemampuan

"Hidup itu bukan untuk saat ini saja. Bagi kaum muda, sebaiknya coba sesekali berbicara dan bertanya kepada mereka yang berusia lebih dari 30 tahun. Pasti akan banyak dari mereka yang menyesal mengapa menghabiskan penghasilan untuk kebutuhan yang tidak jelas dan tidak mulai berinvestasi saat masih muda" kata dia.

Apabila memiliki hobi tertentu, sebaiknya disiasati dengan membuka rekening khusus untuk hobi atau kebutuhan konsumtif kita dengan menyisihkan misalnya 20 persen dari penghasilan sehingga dengan demikian kita sudah berkomitmen pada diri sendiri untuk tidak melebihi angka yang kita anggarkan tersebut bagi kebutuhan hobi atau kebutuhan konsumtif lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Infomasi Umum SNMPTN

Informasi Umum SNMPTN SIMDIK.COM Seperti biasa selalu saja banyak siswa-siswa SMA yang mencari informasi mengenai SNMPTN di penghujung tahun ajaran. Bagi kau yang membutuhkan informasi tentang dunia pendidikan silahkan mengunjungi situs SIMDIK.COM yang berisi berbagai informasi pengumuman SNMPTN. Simdik Com adalah satu-satunya situs yang menyediakan informasi akurat dan terpercaya dan sudah dikunjungi oleh ribuan siswa-siswa sekolah baik SD, SMP dan SMA yang membutuhkan informasi maupun berbagi keluh kesah seputar dunia pendidikan. Jadi apabila anda mencari informasi umum seputar SMPTN, pastikan untuk mengunjungi situs tersebut. Bagi siswa disediakan beragam fitur menarik. Bagi orang tua, situs ini juga memberikan informasi yang akurat. Menurut kabar, SIMDIK.COM yang juga merupakan salah satu penyedia jasa SEO terbaik di Indonesia akan dijual. Tapi kami belum mendapat informasi lebih lanjut tentang hal tersebut. KLIK DISINI UNTUK MEMBUKA SITUS SIMDIK.COM SNMPTN merupaka

Tanda-tanda kita dikunjungi mahluk halus

Tanda-tanda dikunjungi mahluk halus Bagi sebagian masyarakat, penampakan sosok mahluk gaib kerap menjadi fenomena yang menghebohkan. Mahluk gaib memang ada, baik itu malaikat, jin, iblis dan setan, bahkan Tuhan yang kita percaya adalah mahluk gaib, yang harus kita percaya keberadaannya. Namun tidak sedikit dari kita, terkadang kita merasa ada yang mengikuti, melihat, hingga memantau apa yang kita kerjakan. Entah itu saat sendirian, atau sedang bersama keluarga. Dan tempat yang sepi dan gelap, sering diidentikkan dengan berkumpulnya para mahluk gaib. Lalu apa saja tanda-tanda dikunjungi mahluk halus, yang biasanya mempunyai sosok menyeramkan? Berikut penjelasannya: Ada panggilan Biasanya kita sering mendengar sayup-sayup seseorang memamnggil nama kita, tapi tidak ada siapapun di sana. Mungkin ini cara mereka mencoba untuk melakukan kontak dengan energi metafisika anda. Gonggongan anjing Hewan tertentu, biasanya bisa melihat mahluk gaib. Tidak seperti mata kita, mereka ma

Pria tergemuk 412Kg akhirnya mati muda

Pria tergemuk 412Kg akhirnya mati muda Kent -Pria tergemuk di Inggris, Carl Thompson, akhirnya meninggal  di rumahnya di kawasan Dover, Kent, Minggu pagi, 21 Juni 2015.  Kepolisian Kent telah mengkonfirmasi kematian ini. Ambulans, mobil polisi, dan pemadam kebakaran, tampak berada di depan rumahnya. Carl yang baru berusia 33 tahun  kemungkinan terkena serangan jantung. Bahkan sebelumnya dokter telah memperingatkan  kepadanya bahwa ia bisa meninggal jika tidak menurunkan berat badan. Lelaki yang tinggal di fat Dover itu telah menyadari apa yang terjadi  pada dirinya, Pada Mei lalu  Carl  pun telah berpesan kepada banyak orang  agar  menghindari   makanan instan agar tidak seperti dirinya. Rumah Obat Alami jual biolo pelangsing. Setiap hari Carl menghabiskan sekitar 10 ribu kalori. Ia  semakin membabi-buta  makan sejak ditinggalkan oleh ibunya pada 2012 sebagai pelampiasan atas kesedihannya. Carl memang amat dekat dengan ibunya.  Sejak itu pula ia hidup seorang diri di seb